Wednesday, February 19, 2020

Ayo Kita Berlatih 8.2 Matematika kelas 8 Menentukan Luas Permukaan Prisma

AYO KITA BERLATIH 8.2


1. Sebuah prisma alasnya berbentuk persegi panjang dengan luas alas 40 cm. Jika lebar persegi panjang 5 cm dan tinggi prisma 12 cm, hitunglah luas permukaan prisma.
Jawab :
Luas alas = p×l        keliling alas = 2(p+l)
           40 = p×5               = 2 (8 + 5)
        40/5 = p               = 2 (13)
             8 = p                = 26

L = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi
    = 2 × 40 + 26 × 12
    = 80 + 312
    = 392

2. Alas sebuah prisma berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang sisi 12 cm, 9 cm, dan 15 cm. Jika tinggi prisma adalah 30 cm, hitunglah luas permukaan prisma tersebut.
Jawab :
luas alas = 1/2 × a × t
                =1/2 × 9 × 12
                =54

Keliling alas =12+9+15
                     =36

L= 2 × luas alas + keliling alas × tinggi prisma
 = 2 × 54 + 36 × 30
 = 108 + 1080
 = 1188 cm^2

3. Pernahkah kalian berkemah? Berbentuk apakah tenda yang kamu pakai? Bila tenda yang kamu pakai seperti gambar tenda dibawah, dapatkah kamu menghitung luas kain terkecil yang diperlukan untuk membuat tenda itu? Coba hitunglah
 
Jawab :
Tenda terdiri dari : 2 segitiga sama besar, 2 persegi panjang sama besar, dan 1 persegi panjang


4. Sebuah prisma tegak segienam beraturan ABCDEF.GHIJKL mempunyai panjang rusuk alas 10 cm dan panjang rusuk tegak 80 cm.
      a. Gambarlah bangun prismanya
      b. Tentukan luas bidang tegaknya
           Luas bidang tegak = Keliling alas × tinggi prisma
               = 6 × sisi × tinggi prisma
               = 6 × 10 × 80
               = 4800 cm2
      c. Tentukan luas permukaan prisma
          Cari tinggi segitiga dengan menggunakan teorema phytagoras
         
5. Sebuah prisma dengan alas berbentuk belah ketupat mempunyai panjang diagonal 24 cm dan 10 cm. Jika tinggi prisma 8 cm, maka luas permukaan prisma adalah ...
           A. 768 cm        C. 536 cm
           B. 656 cm        D. 504 cm






 NO 6 - 11 KLIK LINK DIBAWAH INI :




No comments:

Post a Comment